DENDENG IKAN ASIN GURIH



           Siapapun pasti mengenal ikan asin. Jenis ikan yang dikeringkan ini selalu digemari masyarakat sebagai pelengkap menu makanan. Banyaknya permintaan pasar membuat peluang bisnis ikan asin seolah tidak pernah mati.
Seperti yang dilakukan ibu tarmijah, warga Angin-Angin, Wedung-Demak. Ia telah menekuni bisnis ikan asin sejak Lima tahun silam bersama keluarga nya.
Dikatakan ibu tarmijah, menekuni bisnis ikan asin tidak sulit dan cara kerjanya sangat sederhana. Meski sederhana, tapi peluang bisnisnya cukup menjanjikan. “Membuat ikan asin tidak sulit, caranya sederhana. Cukup membubuhkan garam dan Mrica kemudian dijemur di panas matahari paling lama tiga hari agar menjadi ikan asin yang sempurna. Jenisnya pun berbeda dan untuk rasanya pun sangat enak dan gurih apalagi di tambah  buat menu makan sayur bening & sayur shop sama sambel, wah ? pastinya gurih-gurih nyooooee ?  hehehe
sedangkan untuk pemasarannya, ibu tarmijah tak perlu repot menolaknya ke pasaran. Ini karena ia telah memiliki langganan tetap. Langganan tersebut langsung datang ke rumahnya untuk membeli ikan asin yang telah dipesan sebelumnya.
 Cara menggoreng sangat mudah ;
Gunakan api kecil saja saat menggoreng dendeng ikan ini agar ikan tidak gosong
saat menggoreng jangan terlalu lama agar rasa nya tetap enak dan gurih.
sangat cocok buat oleh ol
eh / buat di jual lagi.



JANGAN BILANG PENJELAJAH KULINER, KALAU BELUM PERNAH MERASAKAN DENDENG IKAN ASIN GURIH IBU TARMIJAH....!!!!!!!!

BERANI MAKAN BERANI KETAGIHAN .....DENDENG IKAN ASIN
GURIH IBU TARMIJAH RASA NIKMAT DAN LEZAT.



CARA PEMBUATAN DENDENG IKAN ASIN GURIH :

1. Penyiangan ikan yang akan diolah kemudian dicuci agar bersih hingga bebas dari sisa-sisa kotoran.
2. Sediakan sejumlah garam kristal sesuai berat ikan, untuk ikan berukuran besar jumlah garam yang harus disediakan berkisar 20 – 30 persen dari berat ikan, untuk ikan berukuran sedang 15 – 20 persen, sedangkan ikan yang berukuran kecil 5 persen.
3. Taburkan garam ke dalam wadah/bak setebal 1 – 5 cm, tergantung jumlah garam dan ikan yang akan diolah. Lapisan garam ini berfungsi sebagai alas pada saat proses penggaraman.
4. Susunlah ikan di atas lapisan garam tersebut dengan cara bagian perut ikan menghadap ke dasar bak. Selanjutnya taburkan kembali garam pada lapisan ikan tersebut, lakukkan penyusunan ikan dan garam secara berlapis-lapis hingga lapisan teratas adalah susunan dengan lapisan lebih banyak/tebal.
5. Tutuplah tumpukan ikan dan garam tersebut dengan keranjang/anyaman bamboo dan beri pemberta di atasnya.
6. Biarkan selama beberapa hari untuk terjadinya proses penggaraman. Untuk ikan berukuran besar selama 2-3 hari, ikan yang berukuran sedang dan ikan yang berukuran kecil selama 12-24 jam.
7. Selanjutnya cucilah dengan air bersih dan tiriskan, susun ikan diatas para-para penjemuran.
8. Pada saat penjemuran/pengeringan, ikan sekali-kali dibalik agar ikan cepat mongering.

Cara Penggaraman Basah
1.Siapkan larutan garam jenuh dengan konsentrasi larutan 30 – 50 persen.
2. Ikan yang telah disiangi disusun di dalam wadah/ bak kedap air, kemudian tambahkan larutan garam  secukupnya hingga seluruh ikan tenggelam dan beri pemberat agar tidak terapung
3.Lama perendaman 1 – 2 hari, tergantung dari ukuran/tebal ikan dan derajat keasinan yang diinginkan
4.Setelah penggaraman, bongkar ikan dan cuci dengan air bersih. Susun ikan di atas para-para untul proses pengeringan/penjemuran.

Pemesanan Hubungi Kami : 089609173112 - 087831760533

 MELAYANI PEMESANAN KESELURUH KOTA-KOTA DI INDONESIA
Surabaya, Bali, Sidoarjo, Malang, Semarang, Yogyakarta, Pekalongan, Cirebon, Tangerang, Jakarta, Bandung, Sumatra, Aceh, Lampung, Medan, Riau, Batam, Jambi, Padang, Kalimantan, Samarinda, Pekanbaru, Bengkulu, Makasar, Sulawesi, Irian jaya,Papua, Bangka Belitung, Banten,
Jabar, Jateng, Jatim, Ntt, Ntb, Gorontalo, Maluku, Papua,
Melayani Juga Pengiriman Luar Negri.